Suara Kita

Pemkab Sidoarjo Sharing Best Practice dengan Toyo University Jepang Terkait Pembangunan RSUD dengan Skema KPBU

SIDOARJO – Kunjungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo ke Jepang dalam rangka Pertemuan dan Sharing Best Practice Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU)
ke Toyo University dan Japan International Cooperation Agency (JICA), Jepang 10-16 Desember 2017

Delegasi Kabupaten Sidoarjo yang dipimpin langsung oleh Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, melakukan kunjungan ke Jepang pada tanggal 12 – 16 Desember 2017 dalam rangka memenuhi undangan Toyo University dan Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk menghadiri pertemuan resmi dan sharing best practice dengan Toyo University dan JICA terkait rencana pelaksanaan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) di Kabupaten Sidoarjo dibidang Rumah Sakit dan Pembangunan Gedung Pemerintah.

Dalam kunjungannya, Bupati Sidoarjo didampingi oleh Ketua DPRD, Wakil ketua DPRD, Ketua Komisi DPRD  Kepala Bappeda, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Bidang Tata Bangunan Dinas PUPR, Kepala Bagian Umum Setda Kab. Sidoarjo serta perwakilan dari Kementrian Keuangan, PT Sarana Multi Infrastruktur Indonesia dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia.

Dalam rangka pemenuhan kebutuhan infrastruktur di Jepang serta untuk mewujudkan pelayanan publik yang optimal bagi masyarakat, Pemerintah Jepang berinisiatif menggandeng sektor swasta untuk berperan serta dalam pembangunan infrastruktur melalui Kerjasama Pemerintah dengan Swasta.

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo kemudian mengembangkan inisiasi pembangunan rumah sakit di wilayah barat Sidoarjo yang rencananya akan dilaksanakan melalui skema KPBU dengan model Ketersediaan Layanan (Availability Payment) yang merupakan pilot project di Indonesia terkait KPBU pada sektor kesehatan

Dalam tahapan persiapan perencanaan proyek KPBU ini, JICA bersama Toyo University telah beberapa kali mengunjungi Sidoarjo untuk membantu Kabupaten Sidoarjo dalam pendalaman kajian dan pengembangan rumah sakit.

Seperti diketahui, sejak tahun 1999 Jepang telah menerapkan lebih dari 400 proyek KPBU, yang sebagian besarnya adalah untuk membangun infrastruktur baru seperti gedung pemerintah dan fasilitas umum setempat sehingga Jepang telah memiliki pengalaman yang sangat memadai dalam pelaksanaan KPBU untuk mendukung percepatan pembangunan infrastrukturnya. Hal inilah yang mendasari Toyo University dan JICA mengundang Bupati Sidoarjo beserta rombongan agar kemudian dapat juga diterapkan di Sidoarjo.

Pada pertemuan yang dilaksanakan pada tanggal 13-14 Desember 2017 di Toyo University, Bupati Sidoarjo dan delegasi memaparkan tentang perkembangan proyek KPBU pembangunan rumah sakit di wilayah Krian, Sidoarjo. Dalam kunjungan ini juga dilakukan sharing best practice dari pihak Toyo University dan JICA terkait kesuksesan Jepang dalam pembangunan infrastrukturnya salah satunya tentang keberhasilan Jepang dalam melaksanakan KPBU.

Dua proyek sebagai percontohan di Jepang yg dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan swasta adalah Pembangunan Gedung Pemerintah Kota Toshima dan Pembangunan Tama Medical Center.

1. Tama Medical Center merupakan rumah sakit pemerintah kota Tokyo yang dibangun  kerjasama swasta mulai tahun 2007 sd 2009 memiliki luas 13 Hektar dengan 1.300 tempat tidur 11 lantai. Kerjasama dilakukan dengan swasta selama 15 tahun.

2. Pembangunan gedung balai Kota Thosima dibangun pada tahun 2014 berdiri di atas tanah 6000 m2. Lantai 1 – 9 merupakan bangunan balai kota sedangkan bangunan lantai 11 – 49 merupakan apartemen yang dikelola swasta selama 70 tahun sebagai kompensasi biaya pembangunan kantor balai kota tersebut. Dibangun oleh konsorsium perusahaan. Dalam kunjungan ke toshima city di terima oleh walikota thosima Mr Yukio Takano.

Syaiful Illah, Bupati Sidoarjo menyampaikan dengan melihat apa yang dilakukan oleh Pemerintah Jepang bahwa kerjasama pemerintah dengan swasta sangat dimungkinkan dalam membangun gedung pemerintah dan rumah sakit umum daerah Sidoarjo. (hrd)

1,027 Comments