Suara Kita

Yuk Ketahui 5 Trik Bisnis Mandiri

Di era persaingan tenaga kerja seperti sekarang ini, sudah bukan saatnya lagi generasi muda hanya berdiam diri tanpa memaksimalkan potensi yang mereka miliki. Karena kini merupakan saat yang tepat untuk mulai menyusun berbagai rencana dan strategi demi meningkatkan kualitas hidup dengan memaksimalkan potensi diri. Salah satu langkahnya bisa dengan menjajal peruntungan untuk memulai bisnis sendiri.

Menurut data BPS (Badan Pusat Statistik), terdapat hampir 27 juta unit usaha yang beroperasi hingga tahun 2017 di Indonesia. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan semakin ramainya pasar internasional yang mulai masuk ke tanah air.

Di tengah persaingan yang sangat ketat seperti ini, bagaimana kita dapat menciptakan sebuah bisnis yang menguntungkan serta dapat bertahan di tengah terpaan persaingan global yang sedang terjadi? Maka sebelum kamu benar-benar memutuskan untuk memulai bisnis sendiri dan menjadi seorang entrepreneur, berikut adalah beberapa hal yang harus kamu ketahui agar kamu siap menghadapi hal-hal terburuk yang mungkin akan terjadi.  Yuk baca dan catat apa sajakah tipsnya!

  1. Melakukan berbagai persiapan

Hal ini bisa dimulai dari ide, konsep, melakukan riset pasar, mempersiapkan tim yang kompeten, bahkan sampai memperkuat dasar hukum dari bisnis yang akan dikembangkan. Karena pada dasarnya setiap bisnis tidak akan pernah selamanya stabil.

 

  1. Menerima kritik dan saran

Sebuah bisnis dapat menjadi besar jika mau mendengarkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen. Tapi terkadang, cara penyampaian saran dan kritik pengguna tidak selamanya dilakukan dengan baik. Ada konsumen yang dapat menyampaikan keluhan mereka dengan baik, sementara yang lainnya bisa saja dengan cara yang sedikit keras. Di sinilah integritasmu sebagai seorang entrepreneur diuji.

Maka ketika berinteraksi di dalam sebuah bisnis, baik itu berskala kecil atau besar, dan ingin bisnis itu berjalan dengan baik dan menghasilkan sebuah produk yang tepat guna, salah satu caranya adalah dengan mendengarkan kemauan konsumen yang merupakan kewajiban yang tidak bisa diabaikan.

 

  1. Mengatur manajemen waktu

Harus diakui, bahwa ketika berencana untuk membangun sebuah bisnis, akan ada banyak hal yang dikorbankan, salah satunya adalah waktu luang. “Kebanyakan orang tidak menyadari betapa banyaknya waktu yang kami, para entrepreneur, habiskan ketika merintis dan menjalankan sebuah bisnis.” ujar Erin Andrews dari Indi Chocolate membuka kisahnya.

Walaupun pengorbanan waktu ini dapat dianggap menjadi sebuah investasi, akan tetapi apabila pada akhirnya akan jatuh sakit karena kurang tidur, bisnis ini justru akan merugi lebih banyak. Sehingga dengan mengurangi sedikit waktu untuk bersantai tidak dapat menjadi jaminan bahwa bisnis tidak akan berkembang.

 

  1. Mulai mencari mitra yang sevisi

Dalam menjalankan bisnis Networking dapat menjadi landasan untuk kelangsungan usaha. Hal ini bisa dimulai dengan bergabung pada komunitas sesuai jenis usaha misalnya. Sehingga pada saat berbisnis proses memasarkan produk/jasa yang ditawarkan dapat jadi lebih mudah, karena sudah memiliki mitra yang mendukung bisnis ini.

 

  1. Bangun komitmen

Karena pada dasarnya Hanya orang yang mampu memegang dan menjalankan Komitmen lah yang bisa memastikan bisnis itu akan berjalan atau tidak

Orang yang memegang teguh komitmen dengan baik akan mampu menjalankan semua rencana yang sudah dibuat dengan baik dan penuh tanggung jawab. Ketika orang ini menjalankan suatu bisnis, maka dia akan berkomitmen penuh untuk memfokuskan tenaga, fikiran, dan waktunya untuk menjalankan bisnis tersebut. Mereka gak akan banyak alasan untuk tidak melakukan apa yang seharusnya mereka kerjakan, karena itu sudah menjadi tanggung jawab mereka. Mereka sudah berjanji kepada diri mereka sendiri bahwa dia akan memastikan semua rencana dikerjakan dengan baik.

 

Nah dari ke 5 tips tersebut manakah yang sudah berhasil kamu coba? Yang pasti apapun bisnismu nanti selalu upayakan yang terbaik dan maksimalkan kesempatan dan peluang yang ada disekitarmu.

1,768 Comments