Suara Kita

Kadispendik Kota Surabaya Buka Sosialisasi Apresiasi GTK PAUD Dikmas 2019

SURABAYA-INZAGHIGIGANTARA.NET. Ajang kompetisi  tahunan bagi Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (GTK PAUD Dikmas) Berprestasi dan Berdedikasi 2019 akan segera berlangsung. Tahun ini adalah penyelenggaraan yang ke-13 dan akan berlangsung di Bangka Belitung. Dinas Pendidikan Kota Surabaya sudah melakukan persiapan awal dengan mengundang ratusan pendidik dan pengelola dari berbagai Lembaga Kursus dan Pendidikan Non Formal, untuk mengikuti Sosialisasi Apresiasi GTK PAUD Dikmas di SMP Negeri 13 Surabaya Jalan Jemursari II Surabaya Selasa (19/02/2019).

Hadir sebagai narasumber diantaranya Erfan Agus Munif, M.Pd (dari BP PAUD Dikmas Regional II Provinsi Jawa Timur selaku Pengampu Program Apresiasi GTK PAUD Dikmas Tingkat Provinsi), dan Ahmad Suaidi, S.Pd (dari LSK Pendidik Kursus dan Pelatihan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selaku Pendamping Direktorat GTK Kemendikbud Program Apresiasi GTK PAUD Dikmas Tingkat Nasional). Sosialisasi ini memaparkan tentang mekanisme, tahapan dan prosedur lomba serta memotivasi satuan pendidikan non formal.

Dr. Ikhsan, S.Psi, MM, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya yang berkesempatan hadir membuka sosialisasi, mengaku tidak memasang target di lomba ini. “Tahun lalu Kota Surabaya berhasil memboyong 7 juara Tingkat Provinsi, Tingkat Nasional kami meraih 3 juara. Alhamdulillah,  Maret ini mereka akan diberangkatkan untuk menimba ilmu di Cina,” ungkapnya saat memberikan pemaparan.

Ikhsan menambahkan kegiatan ini menjadi ajang berbagi inovasi pembelajaran terbaik dalam hal peningkatan kompetensi di antara para guru dan tenaga kependidikan di kota Surabaya. “Kita cuman mendorong mereka bagaimana meningkatkan kualitas, standar dan meningkatkan semangatnya dalam memberikan pembelajaran yang inovatif kepada peserta didik,” terangnya.

Sementara itu Ulvi Zakiyah, SE., MM, Intruktur Akuntansi dari LKP Inzaghi Gigantara di Jalan Sidosermo II-315 Surabaya ini merasa tertantang dan akan mengikuti lomba ini. “Kesempatan ini wajib saya ikuti. Niatnya ya untuk mengukur seberapa inovatif cara ngajar saya ke anak-anak,” ucapnya kepada inzaghigigantara.net.

Kegiatan ini mempertemukan perwakilan GTK PAUD Dikmas terbaik hasil seleksi dari tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi dan nasional. Mereka akan menampilkan hasil karya nyata inovasi pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk karya tulis dan mempresentasikannya di hadapan dewan juri. Selama pelaksanaan kegiatan, para peserta akan berlomba menjadi yang terbaik dan memperebutkan juara 1, 2, dan 3 untuk 10 kategori lomba perorangan (Penilik, Pengelola KB-TPA-SPS, Pendidik KB-TPA-SPS, Pengelola PKBM, Tutor Pendidikan Kesetaraan, Pengelola LKP, Instruktur Komputer, Instruktur Kursus Tata Kecantikan Rambut, Instruktur Kursus Tata Busana, dan Instruktur Kursus Teknisi Akuntansi). (hrd)

 

Daftar Peserta Surabaya Goes To China 2019:

– Supriadi, PKBM Homeschooling Pena

– Saiful Hadi Arofad, Polindo (Politeknik Indonesia) surabaya

– Nurul Istiqomah, LKP Saraswati

1,842 Comments