Alternatif Seru Mengisi Liburan Sekolah

Bagi Bunda yang sibuk bekerja dan tidak bisa meluangkan waktu untuk mengajak putra/putri berwisata selama liburan sekolah, beberapa kegiatan seru ini bisa dijadikan alternatif pilihan agar mereka tidak merasa jenuh di rumah tanpa ada kegiatan.

  • Belajar sesuatu yang baru

Mungkin putra/putri Anda masih belum mahir atau bahkan belum kenal Laptop. Biarkan mereka belajar kreatif (menggambar atau mendesain) ini di teras rumah, membentuk kelompok bersama teman mainnya. Hal baru yang disenangi anak-anak tentunya tidak akan membosankan bagi mereka, sehingga mereka tidak akan jenuh selama liburan sekolah.

  • Hewan Peliharaan untuk mengisi liburan sekolah

Coba berikan mereka hewan peliharaan yang disukainya dan biarkan mereka sibuk mengurus binatang peliharaannya tersebut. Anda bisa menyisihkan sudut halaman untuk kandang hewan peliharaan mereka. Waktu mereka pasti akan tersita dengan mengurus hewan peliharaan ini, sehingga mereka tidak merasa jenuh di rumah sendirian.

  • Bermain Air

Anak-anak cenderung suka bermain air. Anda bisa memberikan kolam plastik buat mereka di halaman rumah dan biarkan mereka bermain-main dengan pistol airnya.

  • Daftar yang Harus dikerjakan

Berikan ide daftar apa saja yang harus mereka kerjakan. Ajak mereka berdiskusi di meja makan. Misal saja mereka masih punya PR yang harus dikumpulkan saat masuk sekolah nanti, atau pekerjaan kelompok yang mengharuskan teman-temannya berkumpul di rumah, dsb.

  • Jadwal Membaca

Coba Anda pilah-pilah buku-buku mana yang jarang dan bahkan belum pernah di baca. Berikan jadwal membaca untuk buku-buku tersebut. Atau jika memungkinkan belikan buku baru yang disukainya agar waktu mereka tersita untuk membaca buku-buku tersebut di sela waktu luang untuk mengisi liburan sekolah.

  • Janjian Main dengan Teman

Berikan waktu buat mereka untuk janjian bermain dengan teman sebayanya. Bisa dengan teman sekolah ataupun teman di lingkungan rumah. Mereka akan lebih berkembang dengan lingkungan sosialnya yang beragam selama liburan sekolah.

  • Menyalurkan hobi

Sediakan peralatan gambar jika putra/putri Anda suka melukis. Sediakan piano jika dia suka bermain piano. Tentunya Anda lebih tahu hobi putra/putri Anda, jadi sediakan segala sesuatu yang menarik minatnya, mereka akan tekun mengerjakan sesuatu yang berkaitan dengan hobinya tanpa merasa jenuh. Mumpung mereka sedang punya banyak waktu senggang selama liburan sekolah, biarkan kreatifitasnya terasah.

  • Cuci Gudang

Luangkan waktu bersama putra/putri Anda untuk memilah-milah mainan lamanya, mereka akan menemukan mainan yang sudah lama tidak dia mainkan dan akan bernostalgia dengan mainan-mainan tersebut. (Berbagai Sumber)

9 Comments

  1. My programmer is trying to convince me to move to .net
    from PHP. I have always disliked the idea because of the expenses.
    But he’s tryiong none the less. I’ve been using Movable-type on a
    number of websites for about a year and am anxious about switching
    to another platform. I have heard fantastic things about blogengine.net.

    Is there a way I can transfer all my wordpress posts into it?
    Any help would be really appreciated!

  2. An interesting discussion is worth comment. I think that you should write more on this topic, it might not be a taboo subject but generally people are not enough to speak on such topics. To the next. Cheers

  3. Oh my goodness! Incredible article dude! Many thanks,
    However I am having issues with your RSS. I don’t understand the reason why
    I am unable to subscribe to it. Is there anybody else having the
    same RSS issues? Anyone that knows the solution will you kindly respond?
    Thanks!!

  4. Great post. I was checking continuously this weblog and I am inspired!
    Extremely useful information specially the last section 🙂 I take care of such info much.
    I was looking for this certain information for a very long time.
    Thanks and good luck.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*