ATrI Gelar Pra Kongres, Demi Menuju SDM Indonesia Unggul

Nun Jamianto, Deklarator Asosiasi Trainer Indonesia

SURABAYA-INZAGHIGIGANTARA.NET. Setelah sukses mendeklarasikan diri sebagai Asosiasi Trainer Indonesia (ATrI) pada 29 April 2019 lalu di Surabaya. ATrI kembali menggelar acara Pra Kongres Asosiasi Trainer Indonesia di Hotel Yello Surabaya hari ini (24/8). Hadir sejumlah 64 orang, mereka datang dari berbagai penjuru indonesia diantaranya Sulawesi Utara hingga Kalimantan Tengah. Agenda Pra Kongres kali ini membahas Visi & Misi, Pemaparan AD/ART, Memilih ketua asosiasi dan menyusun pengurus Dewan Pimpinan Puwat (DPP), Pemberian surat mandat dari ketua terpilih kepada calon ketua DPW (Propinsi), dan Menetapkan pelaksanaan Kongres dan Pelantikan.

Dr. Muhammad Alkirom Wildan, SE., M.Si., penanggung jawab acara ini menuturkan bahwa hari ini adalah penetapan berdirinya ATrI dan menyiapkan pelantikan pengurus nanti saat kongres. “Hasil pembahasan AD/ART, Kode Etik, Struktur, Visi dan Misi akan dibawa ke kongres,”  ungkap Wildan kepada media ini.

Dosen tetap Universitas Trunojoyo di Madura ini yakin secepatnya bisa menjadwal dan mensukseskan Kongres ATrI. “InsyaAllah kongresnya Nopember. Kami panitia dan para pendiri berharap bisa mendatangkan pak Jokowi atau kementerian terkait,” pungkas pria berkacamata yang khas dengan rambut putihnya.

Hasil pembahasan ADART, Kode Etik, Struktur, Visi dan Misi akan dibawa ke kongres

Sementara Nun Jamianto, SE., MM., Ketua Deklarator ATrI membeberkan alasannya mengapa memilih kata trainer sebagai key word. “Trainer itu orang yang punya ruang paling banyak ketemu masyarakat. Sehingga kalo di trainer ini salah, maka cita-cita meningkatkan SDM pasti salah, gak bener,” ucap pria yang akrab disapa Cak Nun ini.

Cak Nun yang juga Direktur PT. Inzaghi Gigantara Solusindo Surabaya juga mengaku nekat dengan keberaniannya mendeklarasikan Asosiasi Trainer Indonesia. “Wani thok, sejauh ini asosiasi trainer belum ada, kalo asosiasi instruktur ada,” jelas penggila sepakbola ini.

Di tempat terpisah Prof. Dr. Pribadiyono, MM.,  inisiator ATrI sekaligus Founder dan Owner PT. Quantum HRM Internasional berharap ATrI akan melakukan standardisasi kompetensi bagi trainer dan bagi peserta pelatihan. “Outputnya adalah kemampuan kompetensinya diakui tidak hanya nasional tapi diakui oleh seluruh dunia. Artinya, jika mereka lulus uji kompetensi, siapapun yang akan bekerja di seluruh dunia berbasis ISO 17024 yaitu Personal Certification yang diakui dunia,” tutur dosen dan guru besar Ubhara kelahiran Jember ini.

Para trainer anggota Asosiasi Trainer Indonesia hadir dari berbagai penjuru tanah air

Sedangkan Dr. Hary Soegiri, MBA., MSi., Dewan Pengarah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) MSDM Universal mengatakan AtrI ini organisasi baru yang nantinya akan menampung seluruh kelompok kategori trainer, terdiri dari para instruktur, supervisor, dosen, guru, widya iswara, direktur, manajer, para SDM dan praktisi yang bergerak bidang SDM. ATrI juga akan menjadi wadah yang saling melaksanakan suatu kesepakatan dengan profesi bahwa seorang trainer harus mengarah kepada kompetensi, suatu komitmen bersama dan juga profesionalisme. “Saat ini di Indonesia, lembaganya sudah terakreditasi, tapi trainer atau SDM ada yang belum sertifikasi komptensi. Nanti akan ada kesamaan standard yang akan ditaati, disepakati bersama seluruh trainer sebagai pedoman standar sebagai seorang trainer,” ungkapnya saat wawancara

Hary Soegiri juga mengiyakan bahwa ATrI ini pertama dan satu-satunya Asosiasi Trainer di tanah air yang secara nasional dan lengkap menampung semua termasuk lembaga-lembaga training dan diklat. “Lembaga trainer belum ada. Hanya ada sempalan-sempalan organisasi dari trainer,” jawabnya kepada wartawan inzaghigigantara. (hrd)

4 Comments

  1. That is the right blog for anyone who wants to find out about this topic. You realize so much its virtually hard to argue with you (not that I actually would want…HaHa). You definitely put a brand new spin on a topic thats been written about for years. Nice stuff, just great!

  2. Thanks for ones marvelous posting! I definitely enjoyed reading
    it, you’re a great author.I will be sure to bookmark
    your blog and will often come back in the future.
    I want to encourage you continue your great writing, have a nice morning!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*