Suara Kita

Dispendik Surabaya Kembangkan ‘Surabaya Belajar’ Berbasis E-Learning

Surabaya (beritajatim.com) – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya kembangkan fitur aplikasi “Surabaya Belajar”  untuk media pembelajaran berbasis E-Learning bagi para guru, siswa, dan masyarakat umum yang membutuhkan tambahan wawasan pengetahuan dalam peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Surabaya.

“Semua informasi dan aplikasi mengenai  dan perkembangan pendidikan di Surabaya telah tersedia satu pintu yakni melalui website dispendik.surabaya.go.id, namun didalamnya terdapat beragam fitur aplikasi salah satunya yakni Surabaya Belajar”, tutur Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Ikhsan (05/10/2016).

Mantan kepala Bapemas menjelaskan program inovasi ini sudah dikembangkan sejak empat tahun lalu, tapi ada beberapa konten utama yakni try out online, multimedia pembelajaran, jurnal online, sampai pada materi sosialisasi. Bisa dimanfaatkan oleb guru, siswa, dan masyarakat umum sebagai media pembelajara E-Learning. “Melalui sistem online tersebut kebutuhan masyarakat akan informasi dunia pendidikan di Surabaya diaharapkan dapat terpenuhi,” jelasnya.

Sementara Itu, Kepala SMPN 23 Surabaya, Elly Dwi Pudjiastuti dengan adanya E-Learning yang disedian Dispendik ini sangat terbantukan. “Mulai dari pengumuman-pengumuman sampai pada pelaporan pertanggungjawaban keuangan sekolah melalui SIPKS. Ibaratnya sarapan bagi para guru dan kepala sekolah,” tutur Elly.

Selanjutnya, Wakasek Kurikulum SMAN 16, Ridwan mengungkapkan aplikasi yang sering digunakan siswa untuk latihan soal-soal ujian yaitu try out online, bahkan kedepannya ujian sekolah akan diintegrasikan dengan nilai rapor online.

“Jadi nantinya guru-guru tidak perlu repot lagi untuk memasukkan nilai siswa, karena nilai ujian sekoalah dapat langsung dimasukkan kedalam rapor via online juga,” kata Ridwan.

Diketahui, selain E-Learning, ada pula 17 inovasi program pendidikan berbasis online yang dikembangkan. Diantaranya, Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Sekolah (SIPKS),  Seleksi Calon Kepala Sekolah, Jurnal Online, Surabaya Belajar, Multimedia Pembelajaran, Rapor Online, Try Out Online, PPDB Online, Sahabat Dispendik,  Klinik Kurikulum, Kenaikan Pangkat Online, Tantangan Membaca 2015, P2KGS, Profil LKP dan PKBM,  Aplikasi Gaji Online, dan UNBK 100 persen. (ito/kun)

985 Comments