Suara Kita

Sambut US SD, Dispendik Siapkan Buku Pedoman

SURABAYA- Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya telah bersiap untuk menyambut ujian sekolah (US) tingkat Sekolah Dasar (SD). Meski kurang lima bulan waktu pelaksanaan, ujian sekolah yakni pada bulan April 2018 mendatang, Dispendik Surabaya sudah menyiapkan langkah-langkah melalui kepala sekolah SD se-Surabaya.

“Kita sudah menyiapkan buku pedoman guru yang berisi jadwal, mulai dari penyusunan kisi-kisi soal, try out sampai dengan evaluasi,” ujar Kepala Dispendik Surabaya Ikhsan di hadapan para kepala SD se-Surabaya di ruang Bung Tomo Dispendik Surabaya, Kamis (2/11).

Ikhsan menyampaikan, buku pedoman tersebut berfungsi sebagai kontrol setiap tahapan kegiatan yang dilakukan oleh guru, dalam rangka mempersiapkan para siswa menghadapi ujian sekolah. Sehingga nantinya menjadi evaluasi bersama.

Ia pun berharap agar para siswa dapat mengerjakan soal-soal try out online tahap demi tahap. Menurutnya, try out tersebut dapat dikerjakan langsung secara online ataupun secara manual/offline dengan cara diunduh dan dicetak, lalu dikerjakan bersama-sama di sekolah.

“Saya berharap tidak potong kompas, tetap mengerjakan tahap demi tahap baik online maupun offline”.

Mantan Kepala Bapemas dan KB Kota Surabaya tersebut menuturkan, dengan semakin banyak berlatih mengerjakan soal, secara mental para siswa akan jauh lebih siap dan diharapkan mereka memperoleh hasil yang terbaik.

Sementara itu, Kepala Bidang Sekolah Dasar Dispendik Surabaya Agnes Warsiati mengungkapkan, ada beberapa strategi dalam melatih siswa menghadapi ujian sekolah. Diantaranya yakni siswa bersama guru dapat melakukan bedah kisi-kisi US, kemudian guru juga dapat melakukan sharing materi US dengan forum KKG.

Selanjutnya, guru juga dapat memberikan tambahan pelajaran pada siswa di jam kosong, ataupun setelah jam pelajaran, memberikan pengayaan materi kisi-kisi ujian sekolah. Langkah lain bisa dengan melibatkan guru kelas lain dalam mendampingi siswa.

Mantan Kepala SDN Airlangga 1 tersebut menambahkan, untuk memotivasai siswa berlatih soal-soal guru juga dapat melakukan try out ujian sekolah. Secara berkala minimal 15 kali dengan berbagai teknik pelaksanaan sampai dengan memberikan reward kepada siswa.

“Guru juga dapat berkomunikasi secara teratur dengan orang tua siswa untuk pemantauan belajar di rumah, masalah kesehatan, gizi, sosial, dan masalah lainnya,” pungkas Agnes.

1,819 Comments