Suara Kita

Kemnaker RI-LPK Inzaghi Gigantara Gembleng 25 Pengusaha Muda Lebih Produktif

SURABAYA, inzaghigigantara.net – Pelatihan Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Inzaghi Gigantara resmi ditutup Kamis kemarin (5/4/2018). Pelatihan yang diikuti oleh 25 pengusaha muda dari berbagai daerah di Jawa Timur ini dilaksanakan di Workshop Inzaghi Gigantara Jl. Sidosermo II No. 315 Surabaya selama empat hari sejak 2-5 April 2018 atau setara dengan 40 jam pelajaran (JP).

Yonhendri, SE, Kepala Bidang Penyelenggaraan dan Pemberdayaan Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) mengatakan dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan bisa membantu para pengusaha muda meningkatkan keterampilan, produktivitas sehingga kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik. “Ilmu kewirausahaan yang kami berikan ini agar output pelatihan ini punya keterampilan yang bisa diterapkan di rumah, sehingga keluarga ada tambahan income,” paparnya di sela-sela hari pertama pelatihan berlangsung.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari pusat yang mengajarkan manajemen penunjang wirausaha. Sementara narasumber lain yang dihadirkan dari Inzaghi membekali peserta dengan bisnis Kafe Kopi Kreatif dan Digital Marketing. “Pelatihan ini tidak boleh berhenti disini, bola berada di dinas tenagakerja dan lembaga kota atau daerah setempat untuk meneruskannya melalui pendampingan atau upgrading,” lanjut Yonhendri kepada inzaghigigantara.net.

Kementerian Ketenagakerjaan RI dalam hal ini Kepala BBPP Dra. Sri Indarti MSi akan memfasilitasi masyarakat yang mempunyai usaha atau yang berniat memulai usaha dengan Pelatihan Kewirausahaan semacam ini agar mereka memiliki daya saing dan bisa menciptakan lapangan kerja baru.

 

Sementara itu, Pimpinan LPK Inzaghi Gigantara Nun Jamianto, SE,MM, menjelaskan bahwa pengusaha sekarang harus tahan banting, bermental dan bermodal dobel. “Pengusaha itu jangan cemen, merugi sekali itu biasa, bisnis harus jalan terus, siapkan plan A plan B atau bila perlu plan C agar bisa bertahan dan berkembang,” paparnya saat menyemangati peserta pelatihan.

Di sesi terpisah, Qurrotul A’yun, peserta yang menggeluti bisnis percetakan ini sangat bersyukur bisa diundang mengikuti Pelatihan Kewirausahaan di Inzaghi. “Kapan saya diajak pelatihan lagi pak, materi Digital Marketing kan perlu diasah lagi,” harap perempuan yang biasa disapa Yuyun saat acara penutupan dan penyerahan sertifikat. (hrd)

1,313 Comments