Galeri,  Pelatihan SDM,  Suara Kita

Seminar Ketenagakerjaan di SMK Unitomo Agar Menang Persaingan Kerja

SURABAYA-INZAGHIGIGANTARA.NET. Aula Sekolah Menengah Kejuruan Unitomo (SMK Unitomo) di Jalan Semolowaru 84 Surabaya terlihat ramai dan penuh terisi siswa kelas XII pagi itu (14/12/2018). Usai ujian akhir semester ganjil, mereka sengaja dikumpulkan untuk dibekali dengan seminar ketenagakerjaan bertajuk Strategi Jitu Memenangkan Persaingan Kerja. Sebanyak 320 siswa kejuruan hadir mengikuti seminar yang materinya membekali mereka agar setelah lulus nanti perusahaan tidak mampu menolak lamaran mereka dan bagamana membuat perusahaan selalu membutuhkan mereka.

Nun Jamianto, SE., MM. Owner PT Inzaghi Gigantara Solusindo yang berkesempatan menjadi pembicara seminar mengungkapkan bahwa lulusan SMK/SMA/Sarjana masih kesulitan mencari kerja.  Mereka juga tidak berani memulai usaha sendiri, sementara perusahaan atau industri kesulitan mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan mereka. “Output pendidikan dan pelatihan tidak nyambung dengan kebutuhan industri. Bukan karena tidak terampil atau tidak pintar tetapi mereka tidak tangguh, kurang inisiatif, mudah mengeluh, mudah menyerah, kurang disiplin dan tidak punya loyalitas,” jelas cak Nun sapaan akrabnya kepada inzaghigigantara.net.

Lebih jauh Cak Nun menjelaskan bahwa semuanya permasalahan ini akan ditemukan jawabannya di Program Pengembangan Karir dan Bisnis Inzaghi Gigantara Solusindo yang hanya ditempuh 3 bulan di kelas dan 3 bulan magang atau langsung kerja. “Anda tidak hanya dilatih Skill dan Knowledge, tetapi juga dibekali pengembangan Kepribadian dan Profesionalisme,” ungkap pria penyuka sepakbola ini.

Tim Inzaghi bersama Kepala SMK Unitomo

Sementara itu Drs. Moerdhani Moebeni, M.Si Kepala SMK Unitomo menyambut baik diadakannya seminar ini mengingat mental, karakter dan kepribadian anak-anak SMK Unitomo memang sangat beragam.“Terimakasih, yang sekolah disini macem-macem. Mereka rata-rata bukan anak orang kaya, mereka nakal, bandel, nggak pinter,” terangnya saat menerima kedatangan tim pemateri sebelum seminar dimulai.

Pria paruh baya yang akrab disapa Beni ini menambahkan jika penguatan karakter dan mental baja menjadi keharusan yang harus dimiliki anak didiknya. “Program di seminar ini adalah solusi atas jawaban mengapa lulusan SMK masih menjadi penyumbang terbesar angka pengangguran terbuka berdasarkan pendidikan,” pungkasnya seraya menunjukkan pembangunan gedung praktek hasil bantuan pemerintah.

Di akhir seminar, Ellen siswi jurusan Administrasi Perkantoran mengaku cukup berkesan dengan seminar kali ini. “Menarik sih, materinya sangat berguna bagiku untuk membangun kepribadian yang tangguh,” ucap gadis cantik menjawab pertanyaan wartawan media ini. (hrd)

1,609 Comments